Armata T-14 Rusia, Tank Tercanggih Saat Ini

Tank Armata T-14 adalah kendaraan lapis baja terbaru dan tercanggih yang dimiliki Rusia saat ini, tank ini merupakan Main Batle Tank atau tank tempur utama generasi ke lima pertama didunia yang dirancang dan diproduksi oleh Ural Design Bureau of Transport Machine Building, Uralvagonzavod.


Armata T-14 Rusia, Tank Tercanggih Saat Ini


tank ini mulai masuk produksi sejak tahun 2015, hingga saat ini atau awal tahun 2019 setidaknya telah diproduksi lebih dari 20 tank T-14 Armata.



A. Mesin
Tank seberat 48 tons ini mampu bermanuver lincah dengan mesin diesel berkekuatan 1.500 hingga 2.000 tenaga kuda, dilengkapi dengan gearbox 12 transmisi otomatis, tank ini mampuh berlari kencang dengan kecepatan maksimum 90 kilo metera per jam, dan mampu mengarungi jarak maksimum sejauh 500 kilo meter.


B. Crew

Operasional Tank ini terkomputerisasi penuh sehingga hanya perlu dua hingga tiga awak untuk mengoperasikannya. Posisi kru tank terlindung dengan sempurna di dalam sebuah kapsul berlapis baja yang terpisah dari ruangan amunisi. Setiap awak mampu mengoprasikan sistem senjata secara elektronik.


T-14 memiliki sistem perlindungan lapis baja terkuat yang belum dimiliki main battle tank lainnya,  dengan  kemampuan untuk menahan ledakan langsung dari tembakan peluru meriam 120 mm, rudal anti tank 100-150 mm dan peluncur granat.


D. Persenjataan
T-14 Armata memiliki menara atau turet yang digerakan menggukanan remot kontrol oleh kru yang ada didalam kapsul kendali.


Persenjataan utama dari Tank T-14 adalah meriam smoothbore  cannon 125 mm dan amunisinya dapat diisi ulang secara otomatis.  meriam ini diklaim lebih bagus dari meriam Rheinmetall 120 mm milik tank Leopard buatan Jerman.


Senjata utama ini ditengarai bisa mengancam tank lain di medan tempur. Bahkan tank sekelas Leopard, markava, Challenger dan bahkan tank kelas berat Abraham M1A2 Milik Amerika Serikat. 


Dimasa yang akan datang sejata utama ini bisa diganti dengan kaliber yang lebih besar, yaitu cannon 152 mm. Tank ini mampu menembak hingga sepuluh putaran per menit, dan mencapai target pada jarak hingga tujuh kilometer
 

Persenjataan kedua dari T-14 Armata satu senapan mesin 7.62mm RWS yang dipasang di atas turret.

Kubah tank juga dilengkapi senapan sub-kaliber 30 mm untuk menembak berbagai sasaran, termasuk target yang terbang rendah seperti pesawat atau helikopter. Senapan mesin 12.5 mm pada kubah disebut mampu menghadang senjata musuh, seperti rudal anti-tank. Senjata ini mampu menahan serangan dari rudal yang melesat hingga kecepatan 3.000 meter per detik.


Tank ini juga memiliki sistem perlindungan aktif  atau Active Protection System (APS) Afghanit yang dipandu oleh radar AESA,  sistem ini mampu menghadang dan menghancurkan semua jenis rudal anti tank dan roket yang  datang  mendekatinya. bahkan T-14 Armata telah terbukti mampu mencegat proyektil depleted-uranium (DU) armor-piercing discarding-sabot (APDS) selama masa pengujian.

Spesifikasi Umum:
- Type : Main Battle Tank
- Manufacture : UralVagonzavod Rusia
- Unit Cost : $3.7 million
- Mass : 48 Ton  
- Length : 8.7 m
- Width : 3.5 m
- Height : 3.3 M
- Enggine : disel 1.500 hp - 2000 hp
- Transmission    12-speed automatic gearbox
- Speed : 80 - 90 km/h
- Operational range = 500 kilometres
- Crew : 3


0 komentar: